Pengertian dan Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

pengertian dan contoh kata pengantar yang baik dan benar


Dalam sebuah karya tulis, baik ilmiah, non ilmiah maupun populer, adanya Kata pengantar merupakan faktor yang penting. Kata pengantar ini sama pentingnya dengan daftar isi, daftar pustaka, biografi penulis, dan faktor lainnya. Karena makalah akan dirasa baik dan lengkap bila disertai dengan ucapan kata pengantar didalamnya.

Isi Kata Pengantar yang Baik dan Benar untuk Makalah dan Skripsi


Kata Pengantar merupakan halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan karya tulis tersebut. Dalam kata pengantar harus mengandung beberapa unsur, di antaranya:

Berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Penjelasan mengenai adanya tugas penulisan karya ilmiah,
Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan karya ilmiah,
Penjelasan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari pihak-pihak yang dianggap membantu. Seperti kepada seseorang, sekelompok orang, atau organisasi/lembaga,
Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu,
Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis, tanpa dibubuhi tanda tangan,
Harapan penulis atas karangan tersebut, dan
Manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan saran.

Sesuai dengan namanya, kata pengantar berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih serta sambutan dari penulis terhadap karya tulis yang telah dibuatnya. Umumnya terdapat kalimat pengharapan dan juga penjelasan terkait tema dan isi makalah yang dibuat.

Meskipun sebagian besar pembaca jarang membaca bagian yang satu ini, namun kata pengantar tetaplah penting untuk menunjang profesionalitas dan kredibilitas makalah yang telah diselesaikan. Selain itu, adanya kata pengantar juga mewujudkan rasa hormat seorang penulis terhadap pembacanya. Dalam merangkai kalimat pengantar tentunya harus menggunakan bahasa baku dan kalimat yang efektif serta mudah dimengerti oleh pembaca. Adapun Contoh Kata Pengantar Yang Baik tersajikan dalam paragraf berikut ini.

Seperti yang kita tahu, untuk membuat atau menyusun kata pengantar ini memang susah-susah gampang. Hal ini karena kebanyakan penulis masih kesulitan dalam menentukan kata-kata yang tepat untuk menyusun kata pengantar ini.


Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skripsi


Well geng.... Untuk memudahkan kalian menyusun kata pengantar kalian sendiri, berikut kami berikan beberapa contoh. 
cekidot :)

Contoh Kata Pengantar 1:


KATA PENGANTAR 
Alhamduillah, segala puji bagi Allah SWT yang senantiasa menganugrahkan karuniaNya yang luar biasa kepada penulis.
Sholawat salam semoga selalu tercurah kepada baginda Rasul Muhammad SAW yang menjadi inspirasi seluruh umat manusia.
Alhamdulillah tulisan sederhana ini dapat selesai dengan pertolongan maha dahsyat dari Allah SWT, Tuhan semesta alam. Penulis tidak menyangka bahwa dalam keterbatasan waktu, wawasan serta himpitan aktivitas yang cukup padat tulisan ini dapat hadir di tengah-tengah pembaca meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa tulisan ini sangat jauh dari kesempurnaan.
Terimakasih penulis sampaikan pada Ayah dan Ibu tercinta atas hangatnya cahaya cinta kasih yang tak pernah padam. Semoga Ayah dan Ibu selalu dinaungi rahmat dan ridlo Allah SWT, disertai percikan cinta Nabi Muhammad SAW. Terimakasih juga pada (ganti dengan nama orang/lembaga/instansi yang diinginkan). Terimakasih atas bimbingan dan motivasinya. Penulis merasakan sekali barakah ilmu yang diterima. Jazakumullah.
Semoga tulisan sederhana ini dapat tergolong menjadi salah satu dari amal yang tidak putus pahalanya. Memberi manfaat bagi yang membaca. Wallahu al-Muwaffiq.
                         
                                                                                               Jepara, 16 April 2015
                                                                                               Penulis


Contoh Kata Pengantar  2:


KATA PENGANTAR 

 Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga tugas kolektif yang berbentuk makalah dengan judul (“ganti dengan judul makalah”) dapat terselesaikan tepat waktu, meskipun dengan berbagai macam halangan. Dan tak lupa Sholawat serta salam semoga selalu tercurah ke pangkuan Baginda Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafa’atnya di yaumul qiyamah nanti, Amin.

 Makalah ini disusun sebagai bahan diskusi yang akan kami presentasikan dan merupakan implementasi dari program belajar aktif oleh Dosen pengajar mata kuliah (ganti dengan nama mata kulyah). 
Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat menambah khazanah keilmuan dalam mempelajari (ganti dengan nama mata kulyah) dan memberikan manfaat bagi pembacanya. Dalam penyusunan makalah ini, penyusun menyadari masih banyak kesalahan dan  kekhilafan di dalamnya. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa kami harapkan demi penyempurnaan makalah berikutnya. 
                                                                                                  Jepara, 21 Maret 2015

                                                                                                  Penyusun

Itu tadi Pengertian dan Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat :)

0 Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar"

Back To Top